Membangun institusi masyarakat pedesaan (IMP) yang mandiri sangat terkait dengan tujuan yang ingin dicapai dan IMP hanyalah media (dan bukan tujuan) yang dapat dipergunakan dalam usaha meningkatkan taraf hidup dan kualitas hidup masyarakat.
Untuk itu, perlu diperhatikan sub-sub sistem yang mendukung dan menjadi peubah penentu efektivitas suatu IMP, meliputi: taksonomi, struktur, proses, individu anggotanya dan sistem kepemimpinan uang dikembangkan. IMP yang dapat terwujud dalam bentuk kelompok atau organisasi. Pertumbuhan IMP dapat bertahap yaitu dari yang paling sederhana yaitu swakarsa, menjadi swakarya, lalu kemudian menjadi mandiri. Pola pertumbuhan IMP yang demikian adalah dasar dari strategi perkembangan dari bawah (bottom-up). Jika ini dilakukan maka IMP akan berkembang menjadi kuat dari dalam.
Read on…(.pdf)

ravikArtikelArtikel,IMP,individu,kelompok,kepemimpinan,mandiri.,proses,struktur,taksonomiMembangun institusi masyarakat pedesaan (IMP) yang mandiri sangat terkait dengan tujuan yang ingin dicapai dan IMP hanyalah media (dan bukan tujuan) yang dapat dipergunakan dalam usaha meningkatkan taraf hidup dan kualitas hidup masyarakat. Untuk itu, perlu diperhatikan sub-sub sistem yang mendukung dan menjadi peubah penentu efektivitas suatu IMP, meliputi: taksonomi,...KITA akan menjadi seperti apa yang KITA pikirkan.