Dengan rakhmat Allah SWT, Alhamdulillah buku Sosiologi Pendidikan ini dapat terbit dan hadir ke hadapan para pembaca. Harapan dari penulisan buku ini dapat memudahkan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan mata kuliah ini di FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS Solo). Namun, tidak menutup kemungkinan dapat digunakan bagi kepentingan yang lain, karena terbatasnya buku-buku tentang Sosiologi Pendidikan di tanah air.

Keterkaitan sosiologi dan ilmu pendidikan dalam wacana ilmu-ilmu sosial, mudah-mudahan dapat ikut memberi sum­bangan untuk solusi dan pengembangan di bidang pendidikan khu­susnya untuk pengembangan sumberdaya manusia. Buku ini membahas hal-hal terkait dengan hubungan antarindividu dan/atau masyarakat dalam pendidikan, lembaga pendidikan dan pera­nan­nya, sosialisasi anak, serta peran kebijakan pendidikan dan bahasan lain yang terkait dengan pendidikan dan kemasya­rakatan.

Sebagai kumpulan bahan kuliah, buku ini masih lebih banyak sebagai rangkuman dari pendapat banyak para penulis lain sebelumnya daripada sebagai pendapat pribadi penulis sendiri; yang kemudian disajikan menjadi 11 Bab dari isi buku, yaitu:

BAB I
SOSIOLOGI PENDIDIKAN (Sebuah Pengantar)

BAB II
PERANAN SOSIOLOGI TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN

BAB III
PENDIDIKAN DAN MASYARAKAT

BAB IV
SEKOLAH, SOSIALISASI ANAK DAN KELUARGA

BAB V
HUBUNGAN GURU DAN MURID

BAB VI
PERANAN GURU DI SEKOLAH DAN MASYARAKAT

BAB VII
KELAS DAN SEKOLAH SEBAGAI SISTEM SOSIAL

BAB VIII
PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA

BAB IX
PENDIDIKAN DAN MOBILITAS SOSIAL

BAB X
PENDIDIKAN DAN EKONOMI

BAB XI
PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENDIDIKAN (Suatu Bahasan Kebijakan Pendidikan)